Langsung ke konten utama

Musim dingin di Shirakawago

Shirakawago, desa di Perfektur Gifu Jepang, dengan salah satu pemandangan winter terbaik di Jepang, setidaknya menurut gw. hehe. Kalau ga salah sih ini desa juga jadi situs warisan UNESCO deh ya. Semoga ga salah. Ehehe.

Jadi musim dingin 2019, tepatnya bulan Januari kemarin, gw nyempetin buat dateng ke Shirakawago itu. Buat ngliat tumpukan salju, yang ga bisa ditemuin di Shiga. Haha. Gw pergi sama Mas Ari dari Kanagawa dan Mas Fandi sesama penghuni Shiga. Ada banyak cara buat ke Shirakawago, dan gw memilih buat ke Shirakawago via Kanazawa. Jadi, dari Kyoto gw naik bus malam ke Kanazawa dan sampe sana pagi. Rencana awal berangkat ke Shirakawagonya hari itu juga kalau dapet Bus, tapi ternyata yang hari itu udah full direservasi. Jadinya kita langsung reservasi buat berangkat besoknya, pulang pergi, Kanazawa - Shirakawago - Kanazawa. Kalau ga salah pake Bus Hokutetsu, harga tiket PP nya sekitar 3.300 Yen.

Esok paginya kami pun berangkat ke Shirakawago, naik bis dari depan Stasiun Kanazawa. Perjalanan kurang lebih 2 jam lah ya. Sampai di Shirakawago, yaudah kami langsung jalan-jalan aja. Keliling liat rumah-rumah khas desa-desa Jepang. Duh, mau nyeritain terbuat dari apanya, tapi gak tau eh. Hehe. Ya bisa dicari di sumber sumber tulisan lain. wkwk. Mohon maap, agak malas penulisnya. Haha.

Selain keliling desa, kami juga ke semacam titik pandang desa gitu kali ya. Jadi tempatnya agak tinggi gitu, dan seluruh desanya hampir keliatan. Bagus pokonya, apalagi ditambah sesaljuan putih-putih gitu. Buat orang Tangerang yang sehariannya liat salju di cuci steam doang, hal hal kayak gini ya bener-bener bikin takjub lah ya. Haha~ Lumayan seharian jalan-jalan disana, sorenya kami langsung balik ke Kanazawa.

Soal makanan, buat gw, tak ada yang berani gw beli disana. Karena khawatir tercampur dengan daging tak halal, mirin, ataupun turunannya. Jadi gw sih bawa bekel, dan paling makan onigiri aja. Pas googling sih ada beberapa warung yang muslim friendly, tapi ga ketemu disana. Lagi tutup atau emang udah ga buka lagi waktu itu. Untuk sholat pun, kami sholat di parkiran mobil gitu. Kebetulan ada yang kosong waktu itu.

Tahun 2019 ini waktu yang tepat itu sekitaran pertengahan Januari sampai Februarian kali ya. Pas udah mulai agak bersalju tebal. Kalau datang pas akhir Desember, dan awal-awal Januari, sepertinya saljunya masih tipis-tipis. Jadi agak kurang nikmat aja. Oiya, dalam beberapa waktu ada juga illumination di Shirakawago ini. Jadi ada lampu sorot gitu, dinyalain warna-warni. Beberapa dokumentasi foto yang beredar di Internet sih cantik-cantik. Buat bisa dateng itu, kudu reservasi bus dari jauh-jauh hari, soalnya cepet abis kalau yang buat illumination itu. Kemarin sih gw ga dateng pas illumination nya.

Jadi kira-kira gitu lah ya, selanjutnya diisi dengan foto-foto selama disana. Enjoy~